Remaja Palestina 'dibakar hidup-hidup'

Seorang remaja Palestina yang tewas di Yerusalem dibakar hidup-hidup menurut pemeriksaan otopsi seperti yang dikutip jaksa agung Palestina.
"Penyebab kematian adalah luka bakar," kata Mohammed al-A'wewy.
Kematiannya terjadi setelah penculikan dan pembunuhan tiga remaja Israel yang menyebabkan bentrokan sepanjang Jumat malam.Pemerintah Israel mengatakan penyebab kematian Mohammad Abu Khdair, 16, yang Klikdimakamkan Jumat (04/07) masih belum jelas.
Pemeriksaan jenazah Mohammad Abu Khdair dilakukan oleh para dokter Israel dan dihadiri oleh direktur insitut forensik Palestina Saber al-Aloul.
Kantor berita Palestina Wafa mengutip jaksa agung dari keterangan Aloul bahwa asap di saluran pernafasan menunjukkan korban "menghirup materi ini saat ia dibakar hidup-hidup."
Mohammad Abu Khdair yang juga mengalami luka di kepala terbakar sekitar 90% tubuhnya.
Temuan itu belum secara resmi diumumkan.
Keluarga Mohamad Abu Khdair percaya bahwa remaja itu dibunuh sebagai pembalasan atas tewasnya tiga remaja Israel.
Jenazah Naftali Frenkel and Gilad Shaar, keduanya berusia 16 tahun dan Eyal Yifrach yang berusia 19 tahun ditemukan pada 30 Juni.
Pemakaman mereka dilangsungkan hari Rabu lalu (02/07)

#PrayForPalestine #SavePalestine, dan #PrayForGaza.

Serangan udara Israel yang menewaskan puluhan warga sipil di Gaza mengundang reaksi dunia Internasional, tak terkecuali masyarakat Indonesia.
Ungkapan solidaritas untuk rakyat Palestina disampaikan melalui media sosial dengan tanda tagar
#PrayForPalestine #SavePalestine, dan #PrayForGaza.

Organisasi sosial ACT mengatakan jumlah sumbangan meningkat setelah situasi di Gaza memburuk dalam beberapa hari terakhir. Seperti disampaikan oleh Imam Akbari, wakil presiden senior ACT.Tak hanya itu, ajakan memberikan sumbangan untuk rakyat Palestina banyak beredar di media sosial.
"Sejauh ini respon masyarakat cukup bagus, bahkan mereka yang kini lebih fokus terhadap peta politik di tanah air pun ikutan, medsos ini kan salah satu media yang dapat dengan mudah di akses masyarakat Indonesia, dan ACT memiliki akun di medsos untuk sosialisasi soal pemberian donasi," jelas Imam.
Selain membuka dompet sumbangan, ACT berencana mengirim tim kemanusiaan ke Gaza yang akan diberangkatkan Jumat ini.

Animo luar biasa

Sementara itu organisasi kemanusiaan lain, Mer C, belum akan mengirimkan tim kemanusiaan tambahan ke Gaza karena situasi keamanan di wilayah tersebut.
Dr. Joserizal Jurnalis mengatakan Mer C sebelumnya telah menempatkan 19 relawan di Gaza untuk menyelesaikan pembangunan rumah sakit yang berasal dari sumbangan masyarakat Indonesia.
Dia mengatakan masyarakat Indonesia memiliki perhatian yang besar dalam masalah Palestina.
"Animo masyarakat Indonesia luar biasa, karena rumah sakit yang kita bangun tak sepeser pun dana berasal dari pemerintah atau dari luar negeri, ini murni dari uang rakyat Indonesia biaya hampir Rp40 milliar dan akan dilengkapi peralatan medis," jelas Joserizal.
"Kita ada rekening untuk menampung sumbangan masyarakat untuk pembangunan rumah sakit dan juga untuk dana kemanusiaan yang akan disalurkan ke Palestina," tambah Joserizal
Aksi solidaritas dan juga konser perdamaian untuk Palestina rencananya akan digelar mulai Jumat ini di berbagai daerah di Indonesia.

Jangan Memberi Receh

( YOGIE FADILA) Bulan Ramadhan kali ini, sekali lagi kita diberi kesempatan berlomba-lomba dalam kebaikan. Salah satu cara termudah untuk itu adalah menolong anak jalanan, yang kira-kira 230 ribu jumlahnya dan tersebar di seluruh kota besar di Indonesia. Namun, banyak dari kita yang masih terjebak dalam “metode beramal” yang tak ideal: memberi uang receh. Sangka kita, itu akan bisa secara instan mengurangi masalah anak-anak terlantar di Indonesia.
Padahal, penelantaran anak adalah sebuah sistem, dan memberi anak jalanan uang saja nggak akan cukup menghancurkan sistem setan tersebut. Salah-salah, uang tersebut malah akan mereka ‘setor’ ke orang dewasa yang berniat mengeksploitasi mereka.
Yang lebih mereka butuhkan adalah perlindungan, pengasuhan, pendidikan serta motivasi untuk keluar dari kerasnya kehidupan di jalan. Dan inilah cara-cara sebenarnya untuk membantu mereka:

1. Menjadi Relawan

Kegiatan oleh Yayasan Sahabat Anak
Kegiatan oleh Yayasan Sahabat Anak via facebook.com
Dengan menjadi relawan, kamu bisa langsung turun tangan membantu mereka. Berjumpa dengan anak jalanan, mendengar keluh kesah dan kesulitan yang mereka alami. Kamu pun berkesempatan untuk berbagi ilmu yang kamu miliki dengan mereka.
Jangan minder, kamu gak harus mengajar layaknya guru sekolah. Kamu akan dianggap sebagai teman bermain dan pendamping mereka berkegiatan. Kegiatan kalian pun bisa beragam: mulai dari belajar, bermusik, menggambar, menari, dan sebagainya. Kamu bagaikan “teropong”, dengan apa mereka bisa melihat dunia yang berbeda dari dunia jalanan yang telah membesarkan mereka.
Sahabat bermain dan belajar
Sahabat bermain dan belajar via facebook.com
Yayasan Sahabat Anak (YAS) merupakan salah satu lembaga sosial yang aktif memperjuangkan dan memberikan pendidikan kepada anak jalanan. YAS dengan senang hati akan menerima kamu sebagai relawan. Selain YAS kamu juga bisa menjadi relawan melalui Indonesia Street Children Organization (ISCO), Save Street Child dan Dream House. Kunjungi juga indorelawan.org, situs yang menyediakan portal penghubung antara calon relawan dengan berbagai organisasi sosial. Di portal itu, kamu bisa menemukan bermacam-macam organisasi sosial Indonesia yang sedang membutuhkan tenaga relawan. Kamu juga bisa menyambangi rumah singgah dan LSM peduli anak yang ada di dekat tempat tinggalmu.

 2. Buka Bareng Anak Jalanan
Nyanyi-Nyanyi dulu
Nyanyi-Nyanyi dulu via makassar.tribunnews.com
Mumpung ini lagi bulan puasa, kamu bisa ngajak teman-teman kamu buat ngadain acara buka dan makan bareng anak jalanan. Mereka pasti amat senang jika ada orang yang peduli hingga menyiapkan santap buka bagi mereka.
Berbagi Dengan Mereka
Berbagi Dengan Mereka via bandung.bisnis.com
Acara makan-makan bisa diselingi kegiatan yang fun seperti bermain, nyanyi bareng (kebanyakan anak jalanan jago main gitar, lho) dan lain-lain. Yang terpenting adalah menghargai pilihan dan kesukaan mereka: tanyakan langsung apa yang ingin mereka lakukan denganmu bersama-sama. Kamu juga bisa belajar dari kemampuan yang mereka miliki!
Kamu bisa melaksanakan kegiatan berbuka on the road, tapi kalau tak tertarik, datangi aja rumah singgah dan panti asuhan terdekat.

 3. Awasi Kinerja Pemerintah
Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait
Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait via lintas.me
Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan tanggung jawab untuk memelihara anak jalanan pada negara. Ini bukan berarti kita bisa lepas sama sekali. Justru, sebagai seorang warga, kita adalah bagian dari negara itu sendiri. Kita gak boleh lepas tangan. Kita punya peran khusus untuk mengawasi kinerja pemerintah (dan lembaga terkait) dalam ‘memelihara’ anak jalanan. Apakah semua usaha dilakukan dengan baik, atau malah eksistensi anak jalanan benar-benar “dipelihara” hingga semakin banyak jumlahnya?
Disini kamu harus jeli dan vokal dalam mengawasi kinerja lembaga-lembaga seperti, Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenpppa), Kementerian Sosial melalui Program Kesejahteraan Sosial Anak, serta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Tiga lembaga ini mewakili negara dalam hal perlindungan anak jalanan. Selain itu, kamu juga bisa mengawasi LSM yang juga punya kepedulian untuk anak jalan. Contohnya,  Komnas Perlindungan Anak (harap diingat bahwa ini lembaga yang berbeda dari KPAI).
Selain di pusat, kamu harusnya lebih gencar dalam pengawasan kinerja pemerintah provinsi dan kota kamu tinggal. Dengan adanya otonomi daerah tiap kota berhak mengeluarkan Perda-nya masing-masing. Untuk itu, silakan cek apakah kota kamu udah memiliki Perda yang melindungi anak jalanan atau belum? Jika belum, segera upayakan melalui wakil kamu di DPRD setempat, atau luncurkan petisi online.
Oknum Satpol PP terkadang semena-mena
Oknum Satpol PP terkadang semena-mena via id.berita.yahoo.com
Jika provinsi/kota kamu udah punya Perda mengenai anak jalanan, pantau implementasi-nya. Pastikan Perda tersebut bukan malah semakin memarginalkan mereka. Tak jarang, pemerintah daerah mengerahkan Satpol PP atas alasan “menertibkan” anak jalanan serta gelandangan, pengemis dan pengamen. Tak jarang juga anak-anak yang memilih berdandan berbeda - seperti punk misalnya – digunduli rambutnya, karena pemerintah menganggap dandanan mereka “mengganggu” masyarakat. Pastikan hal itu tak terjadi, karena setiap dari kita punya hak untuk mengekspresikan jati diri.

 4. Salurkan Donasi
Donasi kamu selalu diterima
Donasi kamu selalu diterima via facebook.com
Jika kamu belum punya kesempatan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan di atas, kamu masih bisa ikut membantu mereka dengan berdonasi. Ingat ya, berdonasi tidak sama dengan memberi uang di tengah jalan. Donasikan dana kamu melalui badan-badan resmi dan sudah dipercaya dalam menyalurkan bantuan sosial seperti Rumah ZakatBazarnas, masjid, gereja, vihara, dan lembaga sosial lainnya di kota kamu. Pastinya, kamu juga bisa menyumbangkan donasi ke yayasan yang langsung menangani masalah anak jalanan seperti yag sudah Hipwee beberin di atas.
 Benar, ‘kan? Masih banyak cara meringankan beban anak jalanan selain memberi mereka rincing recehan!
-

Dapat Panggilan Wawancara Kerja? Tenang, Ikuti Panduan Ini!


INFO997 (Yogie Fadila)-Sudah ngelamar kerja ke mana-mana tapi belum berhasil juga? Yang mengherankan lagi, kamu selalu gagal di tahap wawancara. Padahal, kamu udah merasa yakin kalau kamu sudah memberikan yang terbaik. Eits — tunggu dulu, datang tepat waktu dan menjawab pertanyaan dengan baik gak bisa menjamin kamu bisa sukses di wawancara kerja. Wawancara bukan sesi tanya-jawab doang ya, guys. Kamu juga harus bisa bikin kesan yang bagus ke yang wawancara kamu.
Intinya, kamu harus mudah diingat.
Nah, biar mudah diingat kamu harus apa dong? Tenang, di sini Hipwee udah siapin panduan yang bisa bikin pewawancara terpesona dengan kamu.
Agar Si Pewawancara Terkesan, Lakukan Hal-Hal Di Bawah Ini…

1. Kenakan Pakaian Yang ‘Pas’

Tahu Cara Berpakaian
Tahu Cara Berpakaian via www.constructionchat.co.uk
Pastikan kamu udah paham dengan dress code yang berlaku di kantor tersebut. Kalau mau aman sih, kamu mesti nyontek gayanya staf SDM. Beri sedikit warna pada penampilanmu. Jangan cuma pakai warna standard seperti hitam, putih, dan abu-abu — kenakan sesuatu yang bisa bikin penampilan kamu agak ‘beda’ dari pelamar-pelamar lain.

2. Tetap Bawa CV

Selalu Bawa CV
Selalu Bawa CV via media4.onsugar.com
Walaupun kamu sudah mengirim CV ke kantor itu lewat e-mail atau pos, tetap bawa beberapa lembar CV ke wawancara. Siapa tahu pewawancara lupa nyimpan CV kamu di mana. Selain CV bawa juga daftar referensi, notebook, dan pulpen. Simpan rapi semuanya di dalam satu folder dan tas.

3. Perhatikan Bahasa Tubuh Kamu

Perhatikan Bahasa Tubuh Kamu
Perhatikan Bahasa Tubuh Kamu via dzftds8z9s83c.cloudfront.net
Jaga pembawaan kamu selama wawancara karena postur, kontak mata dan bahasa tubuh kamu akan diperhatikan. Sebelum berjabat tangan, pastikan tanganmu kering dan hangat. Ini tanda bahwa kamu gak gugup.
Beri jabatan erat dan meyakinkan, bukan jabat remas atau gemulai. Duduk dengan tenang dan santai, gak usah kasak-kusuk. Bahasa tubuh yang baik akan memberikan kesan yang baik pula di mata pewawancara. Senyum, bukan nyengir. Latihan di depan kaca untuk menyempurnakan senyumanmu.


4. Jawab Pertanyaan Jebakan Dengan Baik

Tricky Question
Tricky Question via media1.onsugar.com
Pewawancara mungkin mengajukan pertanyaan semacam, “Apa kelemahan Anda?” Ketika pertanyaan ini muncul berusahalah untuk jujur dan jangan berlebihan. Usaha basi untuk menutupi kelemahan dengan menjawab, “Saya terlalu perfeksionis dan berkerja terlalu keras.” gak bakal dipercaya pewawancara. Utarakan secara jujur apa yang jadi kelemahanmu, lalu sampaikan bagaimana caramu mengatasinya. Itu jawaban yang dicari!

5. Datang Lebih Awal

On-time Aja Gak Cukup
On-time Aja Gak Cukup via media2.onsugar.com
Datang tepat waktu aja gak cukup. Walaupun kamu sudah menghitung lama perjalanan ke tempat wawancara, kamu harus memperhatikan hal yang tak terduga. Macet, ban kempis, kereta mogok kerja atau hal-hal lain yang di luar kuasamu bisa mengancam peluang kamu meraih pekerjaan impian. Usahakan kamu tiba di tempat wawancara 10-15 lebih awal dari jadwal wawancara.


7. Siapkan Pertanyaan

Kamu Akan Dikasih Kesempatan Bertanya
Kamu Akan Dikasih Kesempatan Bertanya via newshour-tc.pbs.org
Dalam wawancara biasanya kamu akan diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan ke pewawancara. Siapkan daftar pertanyaan di dalam catatanmu agar kamu gak kaget dan akhirnya malah nanya hal yang gak relevan. Misalnya, kamu bisa bertanya soal budaya kerja di kantor tersebut, tantangan yang sedang dihadapi perusahaan atau pengalaman si pewawancara selama di perusahaan. Pastikan kamu fokus dan mengikuti pembicaraan sebelum bertanya, bisa malu-maluin ‘kan kalau kamu nanya hal yang udah dibahas sebelumnya?

8. Kirim Ucapan Terima Kasih

Kirim Thank You Emali agar kamu mudah diingat.
Kirim Thank You Emali agar kamu mudah diingat. via media2.onsugar.com
Jabat tangan dan bilang “Terima kasih” aja belum cukup. Selalu kirimkan ucapan terima kasih setelah wawancara via email. Email ini akan membuat kesan yang baik dan kamu bakal mudah diingat oleh pewawancara. Di dalam email, sampaikan bahwa kamu senang sekali bisa berdiskusi dengan pewawancara.
Tapi ingat, jangan bikin email yang terlihat maksa dan ngarep. Pastikan emailnya singkat, padat dan profesional.



Supaya Pewawancara Tetap Terkesan Dengan Kamu, JANGAN Lakukan Hal-Hal Berikut…

1. Mengira Wawancara Udah Selesai

Jangan Girang Dulu, Jaga SIkap
Jangan Girang Dulu, Jaga SIkap via media3.onsugar.com
Jangan pernah mengira wawancara udah beres ketika kamu keluar dari ruang wawancara. Tetap jaga sikap dan bahasa tubuh. Sapa pelamar kerja lain, kalau perlu ngobrol bentar. Ucapkan terima kasih pada resepsionis atau security yang tadi menyambut kamu.

2. Kelewat Santai

Situ Santai?
Situ Santai? via www.workopolis.com
Kamu harus tetap profesional selama wawancara, walaupun pewawancara ternyata sohib kamu di SMA. Sah-sah aja kalau kamu mau ramah, tapi jangan kelewatan santai hingga kamu keselip ngomong hal yang gak pantas di kantor.

3. Jelek-Jelekin Tempat Kerja Yang Lama

Mereka gak mau tahu tentang 'sejarahmu'
Mereka gak mau tahu tentang ‘sejarahmu’ via media1.onsugar.com
Terserah kalau kamu dulu pernah punya bos yang kejam kayak di film Devil Wears Prada, itu urusanmu! Pewawancara di (calon) kantor barumu gak perlu tahu. Jelek-jelekin tempat kerja lama hanya memberi kesan negatif dan menggambarkan kalau kamu gak profesional.

4. Datang Dengan Otak Kosong

Someone has done his homework
Someone did his homework via www.metro.us
Mungkin kamu akan datang dengan tangan kosong tapi jangan pernah muncul ke wawancara kerja dengan otak yang kosong melompong. Do Your Homework. Lakukan riset kecil mengenai pekerjaan yang kamu lamar. Pelajari produk dan/atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Kenali juga tantangan dan persaingan yang dihadapi perusahaan. Dengan begitu kamu datang ke wawancara penuh persiapan dan pewawancara akan menyadari kalau kamu rajin dan punya niat.

5. Bahas Gaji Duluan

Jangan Bicarakan Gaji Dulu
Jangan Bicarakan Gaji Dulu via media3.onsugar.com
Gaji emang penting, sih. Itulah tujuan kamu mencari pekerjaan. Tapi tahan dulu, tunggu sampai mereka mengajukan tawaran kerja. Pewawancara cuma mau lihat kemampuanmu dulu, bukan langsung ngomongin gaji.

6. Panik Karena Gak Bisa Jawab Pertanyaan

Jangan Panik
Jangan Panik via geronimocoachingnow.com
Ok, mungkin si pewawancara memberikan kamu pertanyaan yang gak bisa kamu jawab. Pertanyaan yang bisa bikin pusing tujuh keliling di bangku SMA dulu. Tetap tenang, jangan panik.
Jangan cuma katakan “Saya gak tahu, Pak”. Jawab pertanyaan dengan hal yang kamu tahu, “Setahu saya…” atau katakan kalau kamu akan cari jawabannya, dan akan kamu kirim melalui e-mail ucapan terima kasih yang sudah kita bahas tadi.

7. Bohong

Jangan Bohong Terus Jujur
Jangan Bohong, Lah. via media2.onsugar.com
Jangan pernah bohong. Ketahuan kalau kamu bohong akan memperkecil peluang kamu dapat pekerjaan. Pokoknya, jujur aja. Hindari usaha-usaha bohong yang gak pernah berhasil ini.


8. Curhat

Simpan Sendiri Masalahmu
Simpan Sendiri Masalahmu via media3.onsugar.com
Mentang-mentang disuruh jujur, kamu malah curhat. Jangan! Mereka gak perlu tahu kalau kamu sedang terlilit hutang atau lagi nabung buat nikah. Jangan sampai ada kesan kalau kamu ingin dikasihani.
Pada akhirnya yang bikin kamu diterima di sebuah pekerjaan adalah kualifikasi kamu, potensi dan bakat yang kamu punya serta kecocokan kamu dengan kultur tempat kerja. Semangat terus. Good luck!

Pesan Presiden SBY Kepada Para Capres: Jaga Etika, Jangan Saling MenghancurkaN


INFO997 - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), selaku Kepala Negara, mengajak semua Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 ini untuk menjaga sikap, perkataan dan perilaku yang baik dalam berkompetisi.
Presiden menyampaikan pesan tersebut pada sambutannya dalam silaturahim dan buka puasa bersama para pimpinan lembaga negara, duta besar, dan kepala perwakilan asing beragama Islam, menteri, kepala lembaga pemerintah non kementerian, unsur pimpinan TNI dan Polri, pejabat eselon I kementerian, direktur utama BUMN, dan tim dokter kepresidenan, di Istana Negara, Jakarta, Senin (30/6).
Mengutip ceramah Prof. Dr. Nasaruddin Umar (Wakil Menteri Agama) dengan judul "Pelajaran Politik di dalam sholat berjamaah", Presiden menegaskan pentingnya memegang teguh etika, aturan yang berlaku. "Kita berharap siapapun yang sedang berkompetisi, harus memiliki kesiapan mental untuk menang ataupun untuk kalah," katanya.
Kalau ada keberatan ketika hasil pemilihan Presiden diumumkan, menurut Presiden, bisa disampaikan melalui  saluran yang tersedia menurut undang-undang yang berlaku. Bukan dengan tindakan sendiri-sendiri seperti merusak, menghancurkan ataupun melakukan tindakan-tindakan yang anarkistis.
Kepala Negara mengingatkan, pemilihan Presiden secara langsung yang dilaksanakan  di negeri ini tahun 2004 dan 2009  dapat berlangsung secara damai dan demokratis. Karena itu diharapkan ipemilihan Presiden tahun 2014 ini pun juga seperti itu, damai demokratis, aman, tertib dan lancar.
“Ini semua memerlukan teladan, dari semua pemimpin yang ada di negeri ini. Oleh karena itu saya juga mengajak para pemimpin yang ada di negeri ini menjadi dan memberi contoh kepada semuanya,” tutur Kepala Negara.
Presiden menegaskan, siapapun yang terpilih dalam Pilpres nanti akan menjadi pemimpin kita mendatang, yang harus kita hormati dan kita dukung.
Presiden SBY berjanji, ia sendiri akan menyambut  Presiden hasil Pilpres 2014 itu dengan penuh kehormatan. Dengan harapan transisi kepemimpinan di negeri ini bisa berlangsung dengan baik. “Dengan demikian baik bagi rakyat baik bagi negara baik bagi meletakkan tradisi politik yang mulia di negeri tercinta ini,” kata SBY.
Mengingat kampanye Pilpres masih akan berlangsung hingga 5 Juli mendatang, Presiden SBY menyerukan kepada para Capres dan Cawapres untuk selalu menjaga batas-batas kepatutan dalam berkompetisi, karena bagaimana nanti salah satu di antara mereka akan menjadi pemimpin kita, pemimpin rakyat Indonesia.
Oleh karena itu, Presiden SBY berharap kepada masing-masing Capres dan Cawapres untuk tidak saling merusak, tidak saling menghancurkan. Bagaimanapun, kata Presiden, di antara Capres itu nanti harus memimpin kita semua dengan penuh kewibawaan dan mendapatkan respek dari seluruh rakyat.

Kamu Kira Mereka Gak Peduli? Cari Tahu Kesan Cewek Tentang Kendaraanmu!

Jika kamu pikir caramu berpakaian sudah cukup mencerminkan seluruh kepribadianmu, coba pikir lagi. Kamu kira cewek cuma bisa membaca watakmu dari penampilan? Jangan salah, mereka juga bisa menarik simpulan tentang seorang cowok dari kendaraan yang cowok itu bawa.
Kamu boleh aja berusaha menampilkan kesan pertama yang baik lewat baju dan gayamu membawa diri, tapi kesan pertama kamu itu bisa jadi sudah dianalisis oleh para cewek dari kendaraan yang kamu miliki. Nah, tanpa bermaksud memberi stereotip dangkal, inilah kesan yang bisa dipancarkan oleh kendaraanmu.


1. Skuter Tua

Tua Tapi Gak Mogok Di Jalan
Tua Tapi Gak Mogok Di Jalan via silodrome.com
Skuter buatan Italia seperti Vespa emang kelihatan berkelas. Tapi, percuma saja kalau Vespa-mu tua dan gak dirawat. Mengendarai Vespa butut bikin kamu terlihat urak-urakan di mata cewek. Kesannya memang kamu punya selera, tapi selera itu belum tentu bisa diterima semua cewek.
Boleh aja pakai Vespa klasik, tapi pastikan skutermu tetap enak dilihat dan mesinnya terawat. Jangan bikin tiap cewek yang kamu temui berpikir, “Kalau aku jalan bareng dia, aku lebih sering dibonceng atau bantu dorong ke bengkel?”

2. Skuter Matic

Ini dia jenis kendaraan roda dua yang menguasai market share di Indonesia. Biarpun sering digambarkan sebagai skuter yang cepat dan tangguh — sampai menggunakan pembalap profesional sebagai model iklannya — percaya deh kamu tetap bukan Valentino Rossi di mata para cewek.
Mengendarai skuter matic akan bikin kamu terlihat seperti jutaan cowok Indonesia lain yang juga memakai kendaraan yang sama: simpel dan serba praktis.


3. Motor ‘Jantan’

Ditinggal Konvoi Tiap Weekend
Ditinggal Konvoi Tiap Weekend via www.jakarta.go.id
Mesin besar, cepat, dan punya power lebih, jenis kendaraan roda dua ini sering dilabeli ‘jantan’. Contoh yang populer sendiri adalah Kawasaki Ninja, Honda Tiger, dan Yamaha Vixion. Kalau mau lebih ‘jantan’ (dan lebih mahal) lagi, ada Harley-Davidson atau Ducati.
Tapi bukankah sedikit tolol jika kita merasa paling jantan cuma karena kita punya motor merk di atas? Salah-salah, kesan pertama yang bisa ditangkap para cewek adalah “Ini orang ikutan geng motor gak, ya?” atau “Tiap malam minggu pasti aku ditinggal konvoi!”

4. City Car

jb
Young and free via www.chevrolet.com
Kecil dan stylish, mobil ini memang cocok buat anak muda yang tinggal di perkotaan. Diisi 4 penumpang mobil ini sudah terasa penuh, bahkan ada ada city car yang cuma bisa diisi 2 orang. Karena kapasitasnya, cewek udah ngerti kalau mobil ini biasanya dikendarai cowok (yang merasa) muda. Cowok yang belum berpikir untuk membangun keluarga.
Apalagi kalau mobilnya pemberian dari orang tua, cewek udah maklum jika kamu masih mau bersenang-senang. Makanya kamu cari cewek yang mau bersenang-senang juga.


5. Avanza Dan Semacamnya

Siap Berkeluarga?
Siap Berkeluarga? via www.chevrolet.co.id
Biar kata ini ‘mobil sejuta umat’ tapi Avanza/Xenia, Spin, Innova dan sejenisnya bisa mengirimkan sinyal ke cewek bahwa kamu siap untuk mapan. Baru siap lho, ya…

6. SUV

Jadi Pengendara SUV yang Cermat
Jadi Pengendara SUV yang Cermat via www.team-bhp.com
Pengendara SUV mungkin terlihat seperti cowok yang mapan. Tapi jika kamu semena-mena dan sok superior di jalanan, menerobos lampu merah, atau menelepon sambil nyetir, para cewek akan memandang kamu sebagai cowok narsis yang sok penting.

7. Jip

Melintasi Medan Berat
Melintasi Medan Berat via www.indonesia.travel
Mobil tangguh untuk segala medan, boros bahan bakar dengan perawatan yang gak gampang. Sama kayak Vespa tua yang terawat, cewek (yang ngerti) pasti respect jika jip tua kamu sehat untuk dipakai sehari-hari. Tapi kalau cewek yang kamu taksir terlalu sering terpapar sinetron, mungkin dia bakal nganggap jip hardtop kamu mobil buat penculikan.


Sekarang kamu bisa lebih ngerti ungkapan you are what you drive, ‘kan? Haha, tenang aja – ini bukan artikel ilmiah yang 100% benar. Yang sudah pasti cuma ini: kita bisa paham pengendara Prius itu peduli lingkungan atau nggak.

Mau Berdebat Secara Sehat? Jangan Tiru Cara-Cara Berikut!

Berdebatlah. Dengan berdebat, kamu bisa bertukar pikiran dan memperluas wawasanmu. Dan ini tepat banget kamu lakukan di masa-masa sekarang, saat kampanye pilpres sedang seru-serunya.
Tapi jangan lupa: berdebatlah secara sehat! Ya, ada banyak cara menyampaikan argumen dalam sebuah perdebatan, dan dari sekian banyak cara itu, beberapa diantaranya harus kamu hindari.
Mari kita tengok hal-hal yang harus kamu hindari itu, dimulai dari perkenalan tentang kesesatan dalam berpikir atau logical fallacy.

Kesesatan Dalam Berpikir Atau FallacyAdalah …

Secara sangat sederhana, kesesatan dalam berpikir bisa dipahami sebagai penyalahgunaan bahasa atau pembelokan urutan berlogika. Ini bisa dilakukan baik secara sadar atau tidak oleh pelakunya.
Contoh-contoh kesesatan logika yang umum ditemui misalnya…

1. Sebab-Penyebab Yang Nggak Nyambung

fallacy
fallacy yang dikrenakan terlalu men-generalisasikan suatu hal via www.lifehacker.com.au
Hal ini biasanya dilakukan semata-mata karena suatu pihak memiliki satu dua kasus yang mendukung argumennya. Contohnya:
“Eh kemarin calon gubernur itu berencana membuat kebijakan tentang peluang usaha bagi investor asing, lalu tadi aku lihat diberita calon gubernur itu bersalaman dengan pejabat Amerika Serikat. Ahh…pasti calon gubernur itu kapitalis.”
Hmm.. jangan salah, apakah calon gubernur tersebut benar-benar kapitalis? Cermati dulu kebijakannya secara detail setelah itu telisik juga mengenai urusan apakah si calon gubernur harus berjabat tangan? Jangan-jangan itu adalah acara internasional dimana calon gubernur tersebut memang harus bersalaman dengan semua orang yang hadir.
Jangan terlalu cepat menilai, siapa tahu calon gubernur di atas sebenarnya adalah sosok yang sebaliknya.

2. Ketika Argumen Tidak Ditujukan Pada Permasalahan, Tetapi Pada Latar Belakang Individu

jangan menyerang latar belakang seseorang
jangan menyerang latar belakang seseorang via movieboom.biz
Ini nih contohnya :
“Ahh…saya malas berdebat dengan Anda. Anda ‘kan hanya lulusan SMA.”
“Pantas saja urusan ini lama sekali selesainya. Dia kan orang Jawa!”
Ini adalah argumen yang tidak bermutu. Siapa bilang orang yang hanya lulusan SMA pasti akan memiliki kekuatan argumen yang rendah juga? Siapa bilang orang Jawa pasti lelet dalam mengerjakan sesuatu?
Jadi, jangan pernah gunakan argumen yang menyerang latar belakang lawan bicara.

3. Ketika Argumen Dibangun Untuk Menarik Simpati

ketika kelemahan diri dijadikan argumen, siapa yang peduli?
ketika kelemahan diri dijadikan argumen, siapa yang peduli? via listsalad.com
Hal ini sering terjadi kalau dihadapkan pada kondisi yang terhimpit, contohnya:
“Kalau buat saya mencuri sedikit wajar-wajar saja. Saya ‘kan miskin.”
“Ya wajar kalau saya tidak bisa menjawab pertanyaan beliau. Itu kan bukan bidang keahlian saya.”
Argumen-argumen yang seperti ini bertujuan supaya mendapatkan pengakuan atau pemakluman ketika sedang diserang. Orang-orang yang kurang kritis, tentu saja akan menganggap maklum dan pada akhirnya memandang secara tidak adil sebuah pertarungan argumen.
Seharusnya yang bersangkutan memiliki argumen yang lebih kuat dari sekedar mengandalkan kekurangan diri sebagai senjata dalam sebuah perdebatan.
Nah, paling tidak sekarang kamu sudah mengenali tiga macam ‘sesat pikir’ yang sebaiknya kamu hindari jika kamu ingin menyampaikan sebuah argumen yang berkualitas.
Terlepas dari apapun yang sedang kamu debatkan dengan orang lain, yuk budayakan cara berdebat secara sehat.
Ada tips dan saran lain untuk berdebat? Tolong tambahkan di kolom komentar ya.